Simpel cara mengobati luka dalam 6 langkah

Simpel cara mengobati luka dalam 6 langkah
Gambar Simpel cara mengobati luka dalam 6 langkah

Luka adalah tiap tiap kerusakan atau istirahat di permukaan kulit. Luka dapat:

  1.     Kebetulan misalnya, luka bakar, lecet, luka kertas, sobek kulit
  2.     Pembedahan misalnya, sayatan untuk menyingkirkan lampiran yang sakit
  3.     Terjadi gara-gara penyakit yang mendasari kalau diabetes dan ulkus vaskular
  4.     Beberapa kondisi kulit terhitung mampu berkembang menjadi luka kalau eksim atau psoriasis

Luka kebanyakan terbagi menjadi dua Kategori: akut dan kronis.

  1.     Akut
  2.     Kronis

Luka kritis adalah luka akut belum berkembang melalui bagian pengobatan normal. Mereka mampu sebabkan sembuh terhadap tingkat yang lebih lambat, sebabkan sembuh hanya lebih berasal dari satu atau terulang setelah pengobatan parsial atau lengkap. Luka kritis ini nyaris selamanya mengenai dengan penyakit kritis yang mendasari yang mempengaruhi baik suplai darah atau bagaimana fungsi sel di lokasi luka. Luka yang butuh saat lama untuk sebabkan sembuh butuh perawatan khusus. Hal ini penting untuk tidak hanya sebabkan sembuh luka tapi terhitung mendiagnosa dan mengatasi kondisi yang mendasari sebabkan luka untuk meminimalkan risiko luka kritis lebih lanjut.


Luka mampu menjadi menakutkan bagi anak dan menjengkelkan untuk orang dewasa juga, tapi luka kecil kebanyakan mampu dirawat di rumah. Berikut adalah cara untuk mengobati luka sehingga Anda mampu lagi ke tindakan.

  1. Cuci tangan Anda: Bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air untuk membantu menjauhi infeksi. Kenakan sarung tangan sekali pakai jikalau Anda memilikinya.
  2. Hentikan pendarahan apa pun: jikalau dipotong berdarah, usapkan tekanan lembut dengan Kasa steril atau kain bersih selama 5-10 menit. Resist mengganggu tekanan untuk memeriksa. Jika pendarahan berlanjut setelah 10 menit, hubungi dokter Anda.
  3. Bersihkan potongan: bilas dan Bersihkan memotong dan area sekitarnya dengan sabun dan air yang ringan. Jangan pakai hidrogen peroksida atau produk berbasis yodium gara-gara mereka mampu lebih mengiritasi jaringan yang terluka.
  4. Terapkan antibiotik: menghindar infeksi dengan menerapkan susunan tipis salep antibiotik.
  5. Cover cut: perban membantu menjaga cut dan menjaga bakteri keluar. Mengubah perban setidaknya sekali sehari, dan disaat itu mampu basah atau kotor.
  6. Watch untuk isyarat infeksi: jikalau memotong tidak penyembuhan, bengkak, panas dan merah, atau jikalau rasa sakit meningkat, hubungi dokter Anda.

Tutup yang dipotong dengan BAND-AID® brand SKIN-FLEXTM perban. Dirancang untuk bergerak layaknya kulit ke dua dan menjadi kering nyaris seketika. Butuh salep antibiotik? Coba NEOSPORIN® + sakit, gatal, salep antibiotik parut


Kapan wajib menemui dokter khususnya dahulu:

  1. Jika dipotong terlihat amat dalam, lebih berasal berasal dari 1/2 inci panjang, yang menganga terbuka atau udah bergerigi tepi
  2. Jika luka tusukan atau Anda mencurigai cedera yang lebih dalam, layaknya tulang yang patah
  3. Jika Anda tidak mampu bersihkan dipotong benar atau tersangka kaca atau kotoran terjebak di dalam
  4. Jika potongan di wajah, atau dekat dengan mata
  5. Jika potongan berasal berasal dari digigit oleh hewan, atau manusia
  6. Jika anak Anda tidak memiliki tembakan tetanus didalam 5 tahun terakhir, atau tidak diimunisasi

No comments:

Post a Comment